worst

11 TRANSFER TERBURUK YANG TERJADI DI SEPANJANG MUSIM PANAS INI

Category Blog

Klub kesayangan anda baru saja mengeluarkan sejumlah uang dari kas dan membeli salah satu talenta terbaik di sebuah klub lain. Anda pun menantikan untuk melihat pemain baru tersebut berbaur dengan rekan setimnya dan berharap dirinya kelak dapat menjadi pemain terbaik di tim dan di liga.

Beberapa pertandingan pertamanya tidak berjalan lancar, dengan alasan menyesuaikan diri dengan liga baru atau sistem yang dibuat. Setelah memainkan sedikit pertandingan untuk menunjukkan kualitasnya, dia tak bisa membuktikan sehingga semua orang termasuk anda mulai mempertanyakan bakat didalam dirinya. Musim ini telah berjalan dan bakatnya pun menghilang seiring berjalannya waktu. Akhirnya semua sadar jika klub tersebut telah menandatangani salah satu transfer terburuk di musim ini.

Bagi klub sepakbola, sebuah kegagalan bisa menjadi salah satu aspek yang paling mengecewakan (terkecuali untuk klub lawan, ini merupakan anugerah). Dan inilah 11 transfer terburuk yang terjadi di sepanjang musim panas ini, diantaranya adalah :

1. Mario Balotelli – AC Milan ke Liverpool (€ 20 juta)

Ada suatu masa ketika sifat liar Mario Balotelli berhasil menciptakan momen terbaik, termasuk musim lalu ketika dirinya mencetak 18 gol dalam 41 laga. Balotelli belum mencetak gol di Liga Premier musim ini dan para fans termasuk boss kecewa. Saat Brendan Rodgers menjadi pelatih baru di Liverpool, dia berusaha keras untuk menjinakkan Balotelli.

2. Luke Shaw – Southampton ke Manchester United (€ 37,5 juta)

Sejak hengkang dari Southampton, Luke Shaw memulai karirnya di Manchester United namun sayang, hal tersebut berjalan tidak seperti yang direncanakan. Louis Van Gaal menilai jika bek kiri tersebut tidak cukup fit untuk menjadi bagian dari timnya. Shaw adalah aspek muda cemerlang musim lalu, ia merupakan lulusan asli akademi Southampton yang dibalut bakat. Sejak mencapai tingkat yang cocok dengan Van Gaal, Shaw malah memberikan kontribusi yang sedikit bagi timnas Inggris.

3. Brandao – St.Etienne ke SC Bastia (Bebas Transfer)

Pemain baru umumnya selalu menunjukkan permainan yang tenang dan lancar karena mereka ingin memulai karir dengan baik bagi klub barunya, tetapi permainan tenang dan lancar bukan gaya seorang Brandao. Setelah tampil di laga kedua, saat kalah 2-0 dari PSG, Brandao menyatakan penyesalannya karena ia dengan sengaja menyerang Thiago Motta di terowongan. Ia pun meninggalkan Motta dengan hidung yang patah, akibatnya ia pun menerima sanksi larangan bermain dalam jangka waktu yang cukup lama hingga sampai akhir Februari.

4. Nicklas Bendtner – Arsenal ke Wolfburg (Bebas Transfer)

Nicklas Bendtner sebenarnya telah membukukan sejumlah gol spektakuler dan menjadi juru kunci bagi Arsenal dan Denmark selama bertahun-tahun. Walaupun seiring berjalanannya waktu yang menyebabkan semakin bertambahnya usia, Bendtner masih memberikan ancaman serius di depan gawang lawan.

Sebuah awal baru di Bundesliga adalah sebuah kesempatan yang sempurna untuk membungkam semua kritik, tetapi Bendtner tidak dapat mencetak satu gol-pun didalam 8 pertandingan.

5. Stefan de Vrij – Feyenoord ke Lazio (€ 8,5 juta)

Pemain Belanda yang bernama Stefan de Vrij adalah salah satu bek terbaik dalam ajang turnamen Piala Dunia 2014 Brazil. Namun saat melakoni pertandingan melawan Genoa, ia harus mengoleksi 2 kartu kuning (di menit ke-85 dan ke-87) dalam pertandingan tersebut. Genoa pun mendominasi permainan dan akhirnya berhasil mencetak gol kemenangan. Para fans Lazio masih menungggu untuk melihat de Vrij mempertunjukkan kebolehannya dalam menjaga lini pertahanan Lazio.

6. Bojan Krkic – Barcelona ke Stoke City (€ 1,8 juta)

Sebelum bola ditendang musim ini, Bojan genap berusia 24 tahun dan diperkirakan dapat menjadi salah satu penandatanganan terbaik di Liga Premier. Ia memiliki bakat yang menarik sehingga dijuluki ‘The Next Messi’ dan diawasi ketat oleh sejumlah klub-klub Eropa papan atas menyusul permainannya yang mengesankan dengan mencetak 41 gol dalam 162 laga bagi Barcelona, sebelum bergabung ke AS Roma pada tahun 2011.

Sayangnya, penampilan Bojan menurun kala membela AS Roma dan AC Milan, sebelum bergabung dengan Ajax meskipun melakoni pra-musim yang mengesankan. Bojan dinilai telah gagal untuk tampil mengesankan di tahap awal dan hanya melakoni 4 laga di Stoke City.

7. Eliaquim Mangala – FC Porto ke Manchester City (€ 40 juta)

Eliaquim Mangala adalah salah satu pemain baru pertama dalam jendela transfer musim panas dan para fans The Citizens menaruh harapan besar di pundaknya. Dalam penampilan keduanya, Mangala mungkin sudah lupa dengan tim yang ia tanda-tangani saat dirinya mencetak gol bunuh diri pasca Manchester City kontra Hull City, sebelum gawang Hull kebobolan gol beberapa menit kemudian. Mangala kini dibekap cedera otot dan ia tengah berjuang untuk memulihkan kondisi fisiknya agar dapat menjadi bintang Manchester City.

8. Thomas Vermaelen – Arsenal ke Barcelona (€ 10 juta)

Ia merupakan bek yang ditakuti dan menjadi bagian inti dari pertahanan Arsenal, namun sejak bergabung dengan Barcelona, penampilannya tidak sebaik dulu. Vermaelen pernah menderita sejumlah cedera selama waktunya di Arsenal, untungnya ia dapat kembali ke lini belakang dengan cepat dan membangun kemitraan yang solid bersama Koscielny dan Mertesacker. Penandatangannya dengan Barcelona merupakan tujuan yang penting, tetapi sekali lagi ia harus dibekap cedera sehingga membuat banyak pihak geleng-geleng kepala.

9. Shane Long – Hull City ke Southampton (€ 14,9 juta)

Dengan perombakan massal yang terjadi di kubu Southampton musim panas ini, tidaklah mengherankan jika mereka dengan cepat dapat meraih buku cek dan menemukan cara untuk membenahi kesebelas pemainnya. Beberapa pihak sempat bertanya-tanya apakah Shane Long yang hanya membukukan 3 gol di musim lalu layak dihargai senilai € 14,9 juta?

Southampton tentu menemui banyak kejutan di musim ini, tetapi Long harus menghabiskan sebagian besar waktunya di bangku cadangan. Ia telah melakoni 8 laga sejauh ini tanpa membukukan gol satupun dan hanya memberikan 1 assist.

10. Filipe Luiz – Atletico Madrid ke Chelsea (€ 20 juta)

Ketika bek senilai € 20 juta tidak bisa menembus skuad inti, itu berarti anda harus memuliki kemampuan yang sangat solid, tentunya jika bek tersebut masuk ke dalam klub Chelsea. Luiz pun berjuang keras untuk menggantikan posisi Azpilicueta yang selama ini dipercaya sebagai bek kiri, tetapi setelah Azpilicueta mendapat kartu merah saat kontra melawan Crystal Palace, Luiz sekarang bisa mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya. Saat ini, Luiz telah dipercaya untuk tampil dalam ajang pertandingan Piala didalam Liga Premier.

11. Fernando Torres – Chelsea ke AC Milan

Chelsea secara mengejutkan mendatangkan Fernando Torres ke Stamford Bridge senilai € 58,5 juta dan para fansnya masih mengharapkan dirinya dapat tampil konsisten walaupun kesempatan tersebut terbilang kecil. Saat ini Torres dianggap gagal karena hanya mampu membukukan 1 gol dalam 5 laga di musim ini, sehingga ia harus dipinjamkan ke AC Milan guna meningkatkan peformanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *